Kamis, 07 Mei 2015

Bisnis Kolam Pancing Jadi Pilihan




Batam – Disaat kebanyakan orang memilih berbisnis frelance, ada bisnis baru yang banyak pula peminatnya, yaitu bisnis kolam pancing. Salah satunya terdapat di Bengkong Harapan 2 Batam, pemiliknya bernama Isel (32). Bisnis kolam pancing ini diawali dari hobi.
Saat dijumpai di Kolam Pancing Isel, Jumat (1/5) sedang menemani para pelanggannya memancing. Bisnis kolam pacing ini diawali dengan kegemarannya dalam memancing.
“Saya memang suka memancing dari dulu, jadi tempat ini bisa saya jadikan untuk hobi sekaligus mencari uang juga” ujarnya. Ia juga mengatakan, bahwa bisnis ini terinspirasi dari kolam pancing yang terdapat Mega Legenda, Batam Centre, Batam.
Binsis kolam pancing ini dilakukan dengan cara memancing ikan yang paling besar didapat. Pemancing dikenakan biaya Rp.60.000/ jam dengan membawa alat pancing dan umpan sendiri. di tempat pemacingan ini, juga menjual berbagai umpan, seperti cacing, anak tikus, ikan tuna, lumut, serangga dan lain-lain. Warga sekitar ada yang sengaja mencari mencari cacing untuk menjual cacing tersebut ke kolam pancing Isel, karena hitungan cacing dijual Rp. 50.000/kg
Ikan yang terdapat di kolam pancing ini yaitu ikan lele. Ikan yang didapat tidak untuk pemancing yang mendapatkannyai tetapi ikan yang didapat akan di timbang dan dibandingkan dengan pemancing-pemancing lain untuk memperebutkan hadiah yang ditawarkan oleh pemilik kolam pancing apabila mendapatkan ikan paling besar.
Hadiah yang ditawarkan bervariasi mulai dari set pancing, TV, HP, motor, dan masih banyak hadiah-hadiah lain. “Saya tidak merasa rugi memberikan hadiah mahal seperti motor kepada pemenang. Itu merupakan penghargaan tersendiri untuk saya.” Ungkap Isel.
Di kolam pancing tersebut juga terdapat warung kopi untuk para pemancing yang ingin memesan makanan atau minuman. “Baru dua minggu saya kerja disini, kadang ramai kadang sepi juga.” Ujar Hayati (43) karyawan di warung kopi kolam pancing. Ia juga mengatakan bahwa kolam pancing ini ramainya pada malam hari dan saat tawaran hadiah yang bagus dan mahal.
Kolam pancing ini buka mulai pukul 16.00 sampai pemancing tidak ada lagi yang memancing. Pendapatan yang diperoleh dalam hitungan sehari tidak menentu terkadang     Rp. 500.000, kalau sepi Rp. 160.000.-
“Saya memang suka memancing, karena malam tidak ada kerja lagi dan ini dekat dengan rumah makanya saya kesini” ujar Anto (45), pemancing di kolam pancing Isel. Ia juga menambahkan bahwa memancing bisa membuatnya tenang karena tidak suasananya hening dan tenang. Dan bisnis kolam pancing ini akan dilakukan banyak orang nantinya. (mona)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar